MEMULAI BISNIS FUTSAL

tangerang-bd9h1p74mx4fh65.jpeg

 

MEMULAI BISNIS FUTSAL

Untuk memulai bisnis lapangan futsal

ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

1.       Pemilihan lokasi yang strategis
2.       Kemudahan dalam perijinan
3.       Anggaran Biaya
4.       Kondisi social ekonomi masyarakat setempat
5.       Pemilihan tenaga kontraktor bangunan bidang konstruksi baja
6.       Pemilihan rumput sintetis
7.       Promosi
8.       Sumber Daya manusia

 

1.       Pemilihan Lokasi,

Sangat penting dalam memulai suatu bisnis. Penduduk yang padat dan tingkat kegemaran masyarakat dalam bermain sepak bola tentu sangat menunjang bisnis lapangan futsal.

2.       Kemudahan dalam Perijinan

Ijin mendirikan Lapangan futsal tidak terlalu sulit, cukup IJin Mendirikan Bangunan saja, namun ada beberapa daerah sehubungan dengan otonomi daerah yang harus juga membuat Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Dan ijin gangguan (HO).

3.       Anggaran Biaya

Biaya untuk membangun lapangan futsal tidak terlalu mahal, untuk menghemat anggaran sebaiknya membangun lapangan futsal semi indoor, disamping biayanya jauh lebih murah, tipe bangunan ini lebih disukai konsumen karena sirkulasi udara jauh lebih baik, dan cahaya matahari masih bisa masuk, namun kerugiannya perlu memasang lampu cukup banyak untuk pencahayaan di malam hari.

Estimasi Biaya 1 Lapangan Futsal sebagai berikut :

- Biaya Konstruksi Baja                   : Rp. 180.000.000,00

- Biaya Pengadaan rumput dll          : Rp. 110.000.000,00

- Biaya Sipil (pondasi+lantai)           : Rp.   80.000.000,00

- Lighting +papan skor                    : Rp.   20.000.000,00

- Perijinan                                      : Rp.     5.000.000,00

   Total Biaya                                : Rp. 395.000.000,00

4.       Kondisi social ekonomi masyarakat

Kondisi social ekonomi masyarakat sangat berpengaruh dalam mendesain suatu lapangan futsal, juga berpengaruh pada tariff futsal.

Masyarakat dengan kelas ekonomi lebih baik sebaiknya disediakan lapangan futsal yang jauh representative dan fasilitas yang lebih lengkap seperti : Kafe, Internet, Parkir yang luas dll. Pada kelas ekonomi ini bisa dibuat tariff yang lebih mahal.

5.       Pemilihan tenaga kontraktor

Untuk membangun lapangan futsal sebaiknya percayakan kepada perusahaan yang berpengalaman di bidang konstruksi baja. Dewasa ini banyak orang yang menawarkan diri membagun lapangan futsal baik via internet maupun media lain padahal banyak diantara mereka yang tidak mempunyai pengalaman sedikitpun di bidang konstruksi baja.

Hasilnya banyak konstruksi yang rubuh, goyang, dan tidak kokoh serta hasilnya sangat tidak memuaskan. Tentu hal ini disamping akan menyebabkan biaya yang mahal juga hasil yang tidak memuaskan.

Tip memilih tenaga kontraktor :

  • tanyakan legalitas perusahaan, alamat harus sesuai, cek lokasi workshopnya.
    Pengalaman dalam membangun lapangan futsal, tanyakan proyek yang telah dikerjakan beserta bukti     kontrak kerja, karena ada beberapa orang yang mengaku telah megerjakan ratusan proyek tapi hanya menunjukan gambar saja, padahal gambar di copy dari proyek perusahaan lain.
    Datangi kantor dan workshopnya,untuk mencegah terjadinya penipuan.

6.       Pemilihan rumput sintetis

Pemilihan rumput sintetis/rumput futsal sangat penting karena bermacam-macam rumput sintetis dengan jenis dan type yang berbeda disamping harga yang sangat variatif pula. Pastikan membeli rumput dari importer rumput sintetis langsung, agar mendapat harga yang jauh lebih murah dan dapat memilih macam-macam rumput futsal yang diinginkan.

7.       Promosi.

Tidak terlalu sulit dalam mempromosikn lapangan futsal, karena biasanya masyarakat setempat sudah tahu pada saat lapangan futsal dibangun mereka telah menayakan dulu. Ada baiknya sering mengadakan kompetisi dengan menggandeng perusahaan sponsor.

8.       SDM

Dibutuhkan tenaga SDM yang jujur,disiplin,tanggung jawab, loyal serta kreatif.

 

 

Developed by 4 Vision Media

Some Icons are Copyright © Yusuke Kamiyamane.